Monday, March 18, 2013

Wow, Urine Bisa Jadi Bahan Bakar

Senin, 18 Maret 2013 07:13 wib

(Foto: dokumentasi RCTI)
(Foto: dokumentasi RCTI)
MALANG - Berawal dari bau pesing, dua siswa sekolah di Malang, Jawa Timur membuat bahan bakar alternatif dari urin manusia. Wow!

Sebagian besar dari kita pasti menganggap kalau urin itu sebagai kotoran yang harus dibuang, atau dimanfaatkan menjadi pupuk penyubur tanaman. Tapi siapa sangka, ternyata limbah manusia ini bisa menjadi energi alternatif.

Di tangan Nando Nofia dan Nurul Inayah, siswa kelas XII SMU Negeri 10 Malang, diubahnya menjadi bahan bakar untuk menggerakan kendaraan bermotor. Melalui karya ilmiah mereka, keduanya meraih medali emas di ajang internasional Young Inovators Project Olympiad di Georgia.

Energi alternatif dari bahan bakar urine ini mampu menggerakan mobil radio kontrol yang bisa melaju dengan kecepatan 60 kilometer (km) per jam sejauh 17 km. Prinsip kerjanya, listrik bertenaga surya disimpan dalam baterai dan digunakan untuk menggerakan motor sebanyak 75 persen.

Sisanya, digunakan dalam proses elektronisasi urine yang juga menghasilkan listrik. Dengan alat electrorizer tersebut, elektrolit menghasilkan gas hidrogen dan nitrogen sebagai limbah dilepas ke udara.

Tapi, urinenya pun nggak sembarangan. Urine yang bisa jadi bahan bakar ini harus datang dari manusia yang sehat dan tidak mempunyai kadar gula yang tinggi.

"Melalui lembaga riset, kita mencoba untuk menghubungkan ini. Karena proyek yang kami buat ini sebenarnya sangat-sangat mungkin untuk diterapkan di negara kita," cerita Nando.

Mereka pun berharap, temuannya bisa terus dikembangkan dan direalisasikan menjadi bahan bakar alternatif pengganti bahan bakar minyak yang semakin mahal dan cadangannya menipis. 
 
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Brother baner

SEPUTAR BLOG,INTERNET,KOMPUTER.

WAHYOKU BLOG

Banner tatelu


 BELAJAR BARENG