Sunday, January 27, 2013

7 Cara Cerdas Menghidangkan Makanan

Minggu, 27 Januari 2013 20:02 wib
detail berita
(Foto:Sheknows)
MEMBELI bahan makanan tidak sekadar memilah apa yang Anda butuhkan untuk dimasak. Pastikan bahan-bahan yang Anda pilih benar-benar aman dari kontaminasi bakteri. Bisa saja Anda melewatkan hal penting pada saat berbelanja makanan.

Berikut hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika membeli makanan seperti diulas dari Sheknows:
Periksa kemasan saat membeli

Pastikan Anda memiliki daftar belanja dan mengeceknya kembali. Anda pun harus tahu bahwa makanan yang dibeli aman untuk dikonsumsi. Pilih makanan laut yang didinginkan dengan cara tepat atau diberi es. Hindari membeli makanan kalengan yang kemasannya penyok atau segel telah rusak, karena udara dapat mencemari makanan.

Untuk produk olahan susu, pastikan telah dipasteurisasi dengan benar, serta dalam keadaan dingin. Belilah susu sesuai dengan tanggal yang disarankan paling nikmat untuk dikonsumsi sampai dengan tanggal kedaluarsa.

Perbanyak pengetahuan istilah bahan-bahan makanan yang tercantum pada kemasan. Baca label pada kemasan makanan dan hindari jenis makanan yang mencantumkan bahan kimia buatan, penggunaan pewarna, pengawet, pemutih pada produk tepung, lemak terhidrogenasi.

Pilih makanan secara bijak

Sebelum buah dan sayuran berada di tangan Anda, pastinya telah melewati jarak tempuh yang cukup jauh untuk sampai ke toko tempat Anda membeli. Semakin jauh daerah asal makanan didatangkan, kemungkinan terkontaminasi lebih besar. Sebaiknya belilah makanan sesuai musimnya dan tanyakan kepada penjual asal dari makanan tersebut.

Hindari makanan yang terdapat cacat seperti bekas hantaman benda keras dan jangan beli yang telah terpotong kulitnya. Yang terpenting, jangan asal mencoba bahan contoh anggur, ceri, stroberi dan produk lainnya di toko. Biasanya, buah-buahan dan sayuran tersebut tidak dicuci.

Cuci buah dan sayuran dengan benar

Jika Anda mencuci tangan tidak hanya dengan air saja, mengapa tidak Anda terapkan juga untuk buah-buahan dan sayuran? Buah-buahan dan sayuran bisa saja terkontaminasi bakteri salmonella dan E coli saat dipegang. Selain itu ada pula yang menggunakan pupuk kimia, dan terkena kotoran langsung, sehingga buah atau sayur menjadi rusak dan busuk.

Buanglah bagian buah atau sayur yang terkena sisa pestisida, misalnya untuk kol dan selada dengan cara melepas bagian terluarnya. Sementara untuk buah-buahan seperti apel dan pir, gosok kulit dengan benar dan gunakan sabun khusus untuk mencuci buah dan sayuran. Waktu mencuci sebaiknya lebih dari 10 detik lalu bilas dengan bersih. 
sumber 
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Brother baner

SEPUTAR BLOG,INTERNET,KOMPUTER.

WAHYOKU BLOG

Banner tatelu


 BELAJAR BARENG