Friday, January 25, 2013

5 Rumor Panas PlayStation 4 versus XBox 720

 
Masukajabro -Persaingan konsol game hasil garapan dua produsen besar ini memang tak ada habisnya. Sony Playstation 3 berhasil menjual 70 juta unit di seluruh dunia, sedangkan pesaingnya Microsoft XBox 360 menguasai pasar Amerika dengan pangsa pasar 49%. 

Hal ini yang kemudian membuat persaingan kedua produk konsol game tersebut semakin menjadi-jadi. Ujung-ujungnya, tentu saja gamer sebagai penggunanya yang diuntungkan dengan kehadiran teknologi konsol game yang lebih baik dari sebelumnya.

Nah, tak lama lagi, Sony kabarnya akan segera merilis PlayStation 4, dan pesaingnya juga akan menggeber XboX 720. Menarik untuk dibahas, berikut adalah rumor panas mengenai generasi terbaru konsol game garapan Sony dan Microsoft ini. 

 

1. Sama-sama Andalkan Prosesor 8 Core


Kedua konsol game yang masih menggunakan nama project Orbis (PlayStation 4) dan Durango (New XBox) ini kabarnya bakal ditenagai oleh prosesor dengan kemampuan 8 core. Sedangkan kecepatan clock yang diusung, disinyalir bakal berada pada 1,6 GHz untuk setiap core yang dimilikinya.

Prosesor yang akan digunakan oleh kedua konsol game ini katanya merupakan garapan AMD yang menggunakan nama Jaguar. Prosesor AMD Jaguar mengunakan arsitektur yang dimodifikasi khusus agar optimal untuk penggunaan pada konsol game.

Namun meski menggunakan prosesor yang sama, Orbis (PlayStation 4) konon mampu mencapai kinerja hingga 1,84 TFLOPS, lebih tinggi bila dibandingkan dengan Durango (New XBox) yang hanya mampu mencapai kinerja sebesar 1,23 TFLOPS. Sayangnya hal ini masih belum dapat dikonfirmasi, sehingga rumor tentang pencapaian kinerja prosesor tersebut masih belum valid.

2. Pengolah Grafis Generasi Terbaru


Rumor yang beredar mengatakan bahwa Orbis (PlayStation 4) bakal ditenagai oleh pengolah grafis mobile terbaik garapan AMD saat ini, yakni HD7970M. Namun spesifikasi yang diusungnya tidak akan sama persis karena HD7970M yang dikabarkan bakal mempersenjatai Orbis (PlayStation 4) akan memiliki spesifikasi yang sedikit lebih rendah.

Diketahui HD7970M memiliki 20 core grafis yang berjalan pada kecepatan clock 850 MHz, namun khusus yang digunakan pada Orbis (PlayStation 4), konon cukup menggunakan 18 core grafis dengan kecepatan clock sedikit lebih rendah, yakni 800MHz.

Sedangkan untuk Durango (New XBox), Microsoft kabarnya akan mempersenjatainya dengan pengolah grafis HD8870. Namun meski diketahui HD8870 bakal memiliki kinerja yang masih di bawah HD7970M, konon Microsoft memiliki senjata rahasia yang bakal mampu mendongkrak secara signifikan kinerja pengolah grafis yang diusungnya.

3. Penggunaan Kapasitas RAM yang Lebih Tinggi


Sepertinya, bocoran mengenai kapasitas RAM yang diusung oleh kedua konsol game garapan Sony dan Microsoft ini akan dimenangkan oleh New XBox -- yang dirumorkan bakal mengusung teknologi RAM DDR3 dengan ukuran 8 GB. Sebanyak 3 GB akan dialokasikan khusus untuk sistem, sedangkan sisa 5 GB dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya.

Sementara, Orbis dirumorkan bakal mengusung kapasitas yang jauh lebih kecil dengan penggunaan kapasitas RAM sebesar 4 GB, dimana kapasitas 1 GB khusus digunakan untuk sistem, sedangkan sisa 3 GB untuk hal lainnya.

4. Konsumsi Daya Rendah


Penggunaan prosesor dan pengolah grafis dengan teknologi fabrikasi yang lebih baik tentunya berujung pada konsumsi daya yang lebih rendah. Kabarnya, kedua konsol game generasi terbaru ini hanya memerlukan konsumsi daya yang tidak lebih dari 150 watt untuk menjalankannya.

Hal tersebut juga diyakini dapat tercapai akibat penggunaan prosesor AMD Jaguar yang diklaim memiliki karakteristik kinerja per watt yang terbaik di kelasnya.

5. Media Penyimpanan


Sayangnya meski banyak rumor mengenai kapasitas internal yang bakal diusung oleh kedua konsol game tersebut, namun semuanya belum bisa dipastikan kejelasannya. Terakhir dikabarkan, Durango (New XBox) bakal disematkan media penyimpanan internal sebesar 640 GB, sedangkan Orbis (PlayStation 4) dirumorkan bakal mengusung media penyimpanan internal sebesar 256 GB.
Tapi meski belum jelas berapa besar media penyimpanan internal yang bakal diusung oleh kedua konsol game ini, dugaan kuat mengatakan bahwa kedua konsol game tersebut bakal mendukung penggunaan kepingan Blu-ray dengan kapaitas hingga 100 GB. 
 
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Brother baner

SEPUTAR BLOG,INTERNET,KOMPUTER.

WAHYOKU BLOG

Banner tatelu


 BELAJAR BARENG