Thursday, January 31, 2013

Wow.. Pemakaman Yunani Kuno Berlapis Emas


Kamis, 31 Januari 2013 05:01 wib
detail berita
(Foto: Nbcnews)
ATHENA - Penggalian selama pekerjaan konstruksi kereta bawah tanah di salah satu kota terbesar di Yunani, memacu tim arkeolog untuk menemukan artefak-artefak kuno. Sebuah artefak lingkaran berhias emas, yang terangkai mirip mahkota ditemukan bersama fosil manusia berjenis kelamin wanita berusia 2.300 tahun lalu.

Dilansir Archaeologynewsnetwork, Rabu (30/1/2013), arkeolog beberapa waktu lalu menemukan artefak emas tersebut di situs pemakaman kuno Thessaloniki. Sekira 23 ribu artefak kuno dan peninggalan bersejarah Abad Pertengahan lainnya juga ditemukan selama penggalian arkeolog.

Penemuan artefak dalam penggalian ini terhubung dengan pekerjaan konstruksi sejak 2006. Arkeolog Vassiliki Misailidou mengatakan, lingkaran cabang zaitun yang dihiasi dengan emas ini dimakamkan dengan sederhana, yakni dimakamkan dalam bentuk kotak khas makam wanita.

Arkeolog meyakini bahwa artefak berharga tersebut telah ada sejak akhir abad keempat atau awal abad ketiga sebelum masehi. Delapan artefak hiasan dari emas lainnya juga pernah ditemukan dalam makam tunggal.

Artefak tersebut ditemukan empat tahun lalu selama pekerjaan kereta bawah tanah. Pekerjaan proyek konstruksi tersebut kabarnya baru akan rampung di 2017.

Thessaloniki merupakan kota yang terletak di Yunani bagian utara. Digitaljournal melaporkan, situs di kota kedua terbesar di Yunani ini juga pernah menyimpan artefak karangan bunga berlapis emas.

Artefak tersebut pernah ditemukan di 2008 dan diumumkan oleh Menteri Kebudayaan di negara setempat. Tepatnya di Juni 2008, arkeolog menemukan empat artefak karangan bunga berlapis emas yang dihias dengan daun zaitun, anting-anting emas serta artefak lainnya di era Hellenistic.

Artefak berlapis emas tersebut ditemukan di salah satu dari 700 makam kuno. Benda peninggalan bersejarah itu diteliti selama pekerjaan konstruksi kereta bawah tanah di kawasan Sintrivani. (fmh)
sumber 
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Brother baner

SEPUTAR BLOG,INTERNET,KOMPUTER.

WAHYOKU BLOG

Banner tatelu


 BELAJAR BARENG