Friday, January 25, 2013

Inilah Penemuan Teraneh di Jagad Sains Pada 2012


Minggu, 30 Desember 2012 06:01 wib
detail berita
Ilustrasi
JAKARTA - Ilmu Pengetahuan mungkin tak lepas dari penemuan-penemuan terbaru seperti pengobatan untuk kanker, misi luar angkasa dan masih banyak lagi. Di luar itu, terdapat sejumlah penemuan yang bisa dikatakan aneh.

Berikut sejumlah penemuan aneh yang ditemukan para ilmuan dilansir dari Foxnews, Minggu (30/120/2012).

1. Makhluk hidup tanpa seks 
Nah, kita semua tahu bahwa seks merupakan salah satu cara untuk bagi makhluk hidup untuk meningkatkan keragaman genetik. Namun anehnya, cacing perempuan yakni bdelloid rotifer tidak melakukan seks selama 80 juta tahun. Hewan tersebut justru memakan jamur serta bakteri dan kemudian menggabungkan beberapa DNA ke dalam kode genetik sendiri.

2. Madu warna-warni
Madu dari sarang lebah di Perancis berubah menjadi berwarna menyerupai cokelat M&Ms. Kok bisa? Ternyata pengolahan biogas dari limbah yang dihasilkan pabrik cokelat lokal, Mars Chocolate Factory, membuat gula proses biogas yang berwarna tersebut dianggap nektar dari bunga, sehingga koloni lebah mengumpulkan gula dan secara otomatis warna madu yang dihasilkan berubah menjadi biru dan hijau yang mencolok.

3. Ibu dan anak berbaur dalam otak
Penelitian menunjukan bahwa sel-sel janin bermigrasi ke otak wanita kemudian menetap di otak selama beberapa dekade. Para ilmuwan menemukan jejak DNA kromosom seks laki-laki di jenazah perempuan 94 tahun. Sementara para ilmuwan tidak mengerti apa fungsi sel tersebut. Beberapa ilmuwan membuat teori bahwa pembauran sel janin anak dengan otak si ibu memiliki peran dalam penyakit Alzheimer -- membuat otak nampak mengerut dan mengecil.

4. Panjang umur tanpa penis 
Sejumlah warga Korea ditemukan tanpa memiliki penis hingga 1894, hal ini ternyata terkait dengan tradisi setempat -- mengangkat penis untuk mengamankan poisisi tinggi dalam hirarki istana.

Menariknya, bagi mereka yang tidak memiliki penis, memiliki umur yang lebih panjang 20 tahun ketimbang mereka yang memiliki penis. Meskipun hingga kini belum ada hal yang menjelaskan terkait hubungan tersebut namun hormosn seks pria, testosteron dikenal untuk menekan sistem kekebalan tubuh dan memperburuk kesehatan jantung. 

5. Kecoak digunakan untuk menyelamatkan korban bencana
Kecoak memiliki kelebihan dapat pergi ke medan yang sulit sekalipun. Oleh sebab itu para peneliti berhasil membuat trobosan dengan menyematkan sebuah ransel elektrik dan sensor pada antena kecoak untuk mengendalikan gerakan kecoak. Para peneliti berharap dengan penemuan ini dapat menemukan korban yang tertipa reruntuhan.

6. Jembatan misterius ditemukan
Sebuah jembatan raksasa dengan materi gelap -- zat yang sulit dirasakan dengan daya tarik gravitasi ditemukan di antara kluster galaksi masif dan berjarak 2.7 miliar miliar tahun cahaya dari bumi. Temuan ini sekaligus mendukung gagasan mengenai terbentuknya kluster galaksi.

7. Foto bayi dapat mengurangi kejahatan
Apa cara terbaik untuk menekan angka kriminalitas? Ya, memasang foto bayi-bayi kecil. Setidaknya, cara itu telah dilakukan sejumlah pemilik toko di Gravesen, London. Harapannya, ketika para penjahat melihat wajah-wajah bayi menggemaskan tersebut niat untuk mencuri akan sirna.

8.Spesies baru manusia
Para ilmuwan di barat daya China telah menemukan tengkorak aneh berbentuk sebuah spesies manusia yang disebut Red Deer Cave People yang diperkitakan hidup di akhir zaman es, sekira 11. 000 tahun yang lalu.

Dalam temuannya, kerangka tersebut berbentuk aneh dengan rahang dan tulang pipi yang menonjol. Kemudian ukuran otak tengkorak tersebut sama seperti nenk moyang manusia dari ratusan ribu tahun yang lalu.
(fmh)
sumber 
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Brother baner

SEPUTAR BLOG,INTERNET,KOMPUTER.

WAHYOKU BLOG

Banner tatelu


 BELAJAR BARENG