Wednesday, February 13, 2013

5 Cara Fobia Naik Pesawat serta cara mengatasinya!!

Rabu, 13 Februari 2013 - 20:36 wib

Ilustrasi (Foto: theairplanegames)
Ilustrasi (Foto: theairplanegames)
SEBAGIAN orang memiliki fobia tersendiri terhadap pesawat terbang. Apakah Anda termasuk di dalamnya? Cobalah baca artikel di bawah ini terlebih dahulu.

Saat ini, berpergian dengan pesawat akan mempermudah ruang gerak Anda untuk menuju suatu tempat. Namun, sebagian orang masih merasakan ketakutan yang luar biasa saat akan terbang menggunakan pesawat. Berbagai hal dapat menjadi pemicunya, misalnya, pengalaman tak mengenakan yang pernah dialami orang terdekat maupun berbagai imajinasi negatif yang sering dipikirkannya.
 
Sesungguhnya, beberapa kasus ketakutan terbang dapat disiasati. Jangan sampai ketakutan tersebut menghalangi Anda untuk berkeliling dunia. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi ketakutan Anda saat akan terbang, seperti dilansir Nbcnews, Rabu (13/2/2013).



Jujur
Takut terbang bukanlah hal yang memalukan. Oleh karena itu, jujur menjadi suatu hal yang sangat penting. Katakan hal ini kepada pramugari saat Anda masuk ke dalam pesawat. Para pramugari biasanya sudah diberikan pembekalan untuk menghadapi penumpang yang memiliki ketakutan terbang. Setidaknya, pramugari tersebut akan memberikan dorongan agar Anda merasa lebih tenang dan nyaman.



Ikuti alur
Pesawat yang mengalami turbulensi ataupun akan lepas landas menjadi saat-saat paling menegangkan bagi penumpang yang fobia terhadap penerbangan. Ketika Anda menghadapi momen seperti itu, biarkan tubuh bergoyang mengikuti irama pesawat. Jangan sampai Anda melawannya. Ada baiknya Anda memakan permen saat pesawat akan lepas landas.



Pekerjakan otak Anda!
Ketakutan biasanya muncul karena imajinasi yang dihasilkan dari kerja otak. Oleh karena itu, cobalah utnuk fokus mengerjakan suatu hal yang akan membuat Anda lupa terhadap penerbangan yang sedang Anda lewatkan. Misalnya, dengan menonton film, bernyanyi, mendengarkan musik yang menenangkan, ataupun membaca novel.



Teknik karet gelang
Mungkin ini terdengar konyol, namun hal kecil ini akan membantu mengurangi kegelisahan yang Anda rasakan. Pakailah sebuah karet gelang di pergelangan tangan. Ketika rasa gelisah mulai melanda, tariklah salah satu ujung karet dan lontarkan ke kulit Anda lagi. Rasa sakit seperti digigit atau dicubit kecil nyatanya dapat membuat pikiran lebih segar, sehingga Anda lupa dengan kegelisahan yang dirasakan.



Rileks!
Untuk membuat tubuh lebih rileks, cobalah tarik nafas dalam lalu hembuskan perlahan. Lakukan sesering yang Anda bisa agar tubuh tetap rileks. Untuk ketakutan yang cukup parah, Anda pun dapat meminum obat tidur sesuai dosis untuk membuat diri tenang.
sumber
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Brother baner

SEPUTAR BLOG,INTERNET,KOMPUTER.

WAHYOKU BLOG

Banner tatelu


 BELAJAR BARENG