Monday, February 18, 2013

Puncak Jaya, Satu-satunya Tempat Bersalju di Indonesia

Senin, 18 Februari 2013 - 08:52 wib wib

Puncak Jaya (Foto: Cloudpapua)
Puncak Jaya (Foto: Cloudpapua)
Puncak Jayawijaya

Indonesia sebagai salah satu negara yang berada di garis khatulistiwa seharusnya tak memiliki salju. Namun, di Puncak Jayawijaya salju terhampar begitu luas. Puncak Jayawijaya merupakan pegunungan tertinggi di Indonesia. Ketinggiannya mencapai 4.884 meter dpl, sehingga salju abadi pun menutupi puncak gunung di Papua ini.

Adanya salju di puncak Jayawijaya adalah salah satu fenomena alam yang unik, karena es alami biasanya tidak turun di sepanjang khatulistiwa. Jika dilihat dari udara, Puncak Jayawijaya bagaikan permadani hitam yang diselimuti tudung putih.

Puncak Jayawijaya lebih dikenal oleh para pendaki sebagai Piramida Carstensz. Namanya diambil dari nama penemu pegunungan ini, Jan Carstensz. Pendakian ke Puncak Jaya merupakan impian dari para pendaki. Berbagai rintangan yang disuguhkan dalam pendakian ini sangat menantang. Mulai dari kondisi alam yang begitu terjal, suhu sangat dingin, dan angin yang kencang serta oksigen yang kurang menjadi tantangan tersendiri.

Pendakian ke puncak memerlukan teknik khusus dan mendaki medannya hanya direkomendasikan bagi pendaki yang berpengalaman. Terdapat tiga pendakain tersulit dari lima titik pendakian.

sumber 
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Brother baner

SEPUTAR BLOG,INTERNET,KOMPUTER.

WAHYOKU BLOG

Banner tatelu


 BELAJAR BARENG