Friday, December 28, 2012

Siap-siap! Sosialisasi Rp 1.000 Jadi Rp 1 Dimulai Januari 2013

 
 Jakarta - Pemerintah berharap di Januari 2013 sudah bisa mulai melakukan sosialisasi rencana redenominasi atau penyederhanaan 3 nol dalam mata uang rupiah.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Keuangan Agus Martowardojo saat ditemui di Gedung Bank Indonesia (BI), Jalan Thamrin, Jakarta, Rabu (26/12/2012). 


"Kita harapkan di Januari dan Mei ada proses sosialisasi dan konsultasi publik yang dilakukan redenominasi mata uang. Sehingga kita betul-betul paham maksud tujuan redenominasi mata uang baik termasuk risiko-risikonya. Kita nggak tahu masyarakat mengira ini adalah sanering, dan masayarakat Indonesia harus paham itu," cetus Agus.

Dia mengatakan, pemerintah telah mengajukan RUU Redenominasi untuk dibahas di DPR tahun depan. Menurut Agus, ekonomi Indonesia sangat siap untuk melakukan redenominasi tersebut. Namun dirinya tak mau ada persepsi salah di masyarakat yang mengira redenominasi adalah sanering atau pemotongan nilai mata uang. 

"Kalau ada yang nanya prioritas RUU JPSK (jaring pengaman sistem keuangan), tentu lebih prioritas dari redenominasi mata uang. Tapi redenomninasi mata uang itu ada baiknya kalau kita sudah melakukan konsultasi publik definitif mengatakan itu adalah inisiatif yang harus kita teruskan," kata Agus.

Rencananya memang pemerintah akan mulai melakukan redenominasi rupiah di 2014 dengan memunculkan mata uang baru hasil redenominasi. Perlahan mata uang lama akan hilang dan 2017 diharapkan proses transisi redenominasi rupiah selesai dilaksanakan.

sumber 

Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Brother baner

SEPUTAR BLOG,INTERNET,KOMPUTER.

WAHYOKU BLOG

Banner tatelu


 BELAJAR BARENG