Tuesday, December 18, 2012

Inilah Penyebab Pesawat Sukhoi Jatuh Di Gunung Salak

Tim SAR gabungan mengevakuasi jenazah, di posko evakuasi Puncak Gunung Salak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (15/5/2012). Pesawat Sukhoi Superjet 100 jatuh di Gunung Salak Sukabumi, Jawa Barat pada 9 Mei 2012, saat melakukan demo penerbangan. 
Ini Penyebab Pesawat Sukhoi Jatuh di Gunung Salak 


Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyimpulkan, ada tiga faktor yang menyebabkan pesawat Sukhoi Superjet 100 jatuh.

"Faktor kecelakaan Sukhoi terjadi bukan karena human error, melainkan human factor," kata Ketua KNKT Tatang Kurniadi di kantornya, Selasa (18/12/2012).

Faktor pertama, jelasnya, KNKT menyimpulkan awak pesawat tidak menyadari kondisi pegunungan di sekitar jalur penerbangan yang dilalui karena beberapa faktor, dan berakibat peringatan dari Terrain Awareness and Warning Systems (TAWS).

Faktor kedua, Jakarta Radar belum punya batas ketinggian minimum pada pesawat yang diberikan vector, dan sistem dari Jakarta Radar belum dilengkapi Minimum Safe Altitude Warning (MSAW) yang berfungsi untuk daerah Gunung Salak.

"Vector adalah perintah berupa arah yang diberikan oleh pengatur lalu lintas udara kepada pilot, pada pelayanan radar," terang Tatang.

Faktor ketiga, terjadi pengalihan perhatian terhadap pesawat akibat percakapan yang berkepanjangam dan tidak terkait dengan penerbangan. Efeknya, pilot tidak dengan segera mengubah arah pesawat, ketika pesawat keluar dari orbit tanpa disengaja. (*)

sumber ]
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Brother baner

SEPUTAR BLOG,INTERNET,KOMPUTER.

WAHYOKU BLOG

Banner tatelu


 BELAJAR BARENG