Friday, December 14, 2012

Jurusan Kuliah yang Unik di AS


Jum'at, 14 Desember 2012 16:05 wib
University of Connecticut menjadi pionir dalam seni dongeng boneka. (Foto: Alamy)
University of Connecticut menjadi pionir dalam seni dongeng boneka. (Foto: Alamy)
JAKARTA - Perguruan-perguruan tinggi membuka berbagai jurusan yang dapat kita pilih sesuai minat dan bakat kita. Beberapa jurusan memang disiapkan untuk bidang yang sangat spesifik seperti Teknik Nuklir dan Astronomi.

Tetapi, ternyata, berbagai kampus di Amerika Serikat juga membuka jurusan-jurusan aneh yang membuat kita mengernyitkan dahi, apa yang kita pelajari di jurusan ini? Mau tahu apa saja jurusannyeleneh ini? Simak daftar yang dilansir Huffington Post, Jumat (14/12/2012) ini.

Dongeng Boneka 

Dengan bantuan pendongeng boneka (puppeteer) Frank W Ballard, University of Connecticut bangga menjadi pionir dalam seni dongeng boneka (puppeteering). Kampus ini memulai jurusan dongeng boneka sejak 1964 dan menawarkan gelar berjenjang sarjana hingga pascasarjana. Saat ini, telah lebih dari 500 produksi boneka dongeng yang dihasilkan civitas akademikanya.

Pada sebuah artikel yang dipublikasikan New York Times setelah kematian Ballard, jurusan tersebut digaungkan sebagai tanah suci bagi mereka yang ingin berlatih menjadi pendongeng boneka.

Pengemasan 

Kampus seperti Michigan State University menyediakan jurusan Pengemasan (packaging) dengan tujuan untuk memaksimalkan karier para mahasiswanya di industri manufaktur. Mata-mata kuliah yang diambil mahasiswa jurusan Pengemasan termasuk berbagai ilmu sains dan matematika. Di antara mata kuliah tersebut adalah "Pengemasan dengan Kaca dan Bahan Metal" serta "Pengemasan dengan Kertas dan Kardus".

Viticulture & Enology: Perkebunan Anggur dan Pembuatan Wine 
UC Davis dan Cornell University mengambil keuntungan dari lokasi kampus dengan menyediakan jurusan ini. Website resmi Cornell University menyebut, "Sehubungan dengan pesatnya pertumbuhan di bidang industri wine, kita pun kekurangan orang-orang dengan kualifikasi mumpuni untuk mengelola kebun anggur dan menjalankan industri pembuatan wine."

Semantera itu, UC Davis mengklaim, pihaknya telah memiliki jurusan ini selama lebih dari 100 tahun.

Seni Komik

Menyadari signifikansi buku komik di komunitas modern, Minneapolis College of Art and Design menawarkan program sarjana di bidang Comic Art. Para mahasiswa di program ini memelajari garis, warna, dan komposisi sekaligus tentang pengembangan karakter, storyboard, dan pembuatan cerita. Potensi karier dari jurusan ini termasuk kartunis, editor komik, ilustrator komik, penulis cerita komik,penciler, pewarna, letterer, dan inker.
Manajemen dan Teknologi Industri Bowling 
Vincennes University di Indiana memiliki laboratorium seperti pusat bowling. Merujuk pada website kampus, jurusan ini dimaksudkan untuk menyiapkan mahasiswa untuk mengelola pusat olahraga bowling, termasuk pada bidang penjualan dan pemasaran, operasional, dan mekanik pin bowling.

Bagpipes

Andrew Carnegie tidak melupakan akar Skotlandianya ketika dia mendirikan Carnegie Mellon University di Pittsburgh, pada 1990. Sejak awal 1990-an, kampus ini menawarkan gelar akademik di bidangbagpipes, alat musik khas Skotlandia.

Dalam sebuah wawancara dengan New York Times pada 1990, Kepala  Departemen Musik Carnegie Mellon University Marilyn Taft Thomas menyatakan, "Keseluruhan tradisi di kampus ini adalah untuk perayaan untuk memainkan bagpipe. Sangatlah masuk akal bagi kita untuk mengakui bagpipe sebagai instrumen musik."

Ilmu dan Manajemen Bakery
Pada jurusan yang tersedia di Kansas State University ini, para mahasiswa tidak hanya mengambil kelas memanggang dan ilmu sereal, serta belajar tentang tepung dan menguji adonan roti; mereka juga belajar matematika, sains, dan mikrobiologi.

Program studi tersebut berada di bawah naungan Fakultas Agrikultur dan menjadi salah satu jurusan unik yang ditawarkan Kansas State University. Jurusan unik lainnya di kampus ini adalah Kehidupan Liar dan Manajemen Perusahaan Outdoor serta Manajemen dan Konservasi Taman.

Desain Video Game
Mereka yang fanatik terhadap video game dapat menjalani mimpi mereka di berbagai kampus yang menyediakan jurusan Desain Video Game. (rfa)
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Brother baner

SEPUTAR BLOG,INTERNET,KOMPUTER.

WAHYOKU BLOG

Banner tatelu


 BELAJAR BARENG