Wednesday, December 12, 2012

Kenal topeng ini?





       Kenal topeng ini?Bagi kalian yang sering menjelajah internet dan yang sudah pernah nonton film "V for vendetta" pasti sangat familiar sekali dengan topeng ini.Nah sebenarnya topeng ini adalah cerminan atau replika dari wajah seorang yang bernama guy fawkes.Siapa itu Guy fawkes?
     
Guy Fawkes (13 April 1570 - 31 Januari 1606), juga dikenal sebagai Guido Fawkes, nama yang ia diadopsi saat berperang untuk Spanyol di Low Countries, adalah anggota dari kelompok Katolik Inggris yang merencanakan Plot Bubuk Mesiu 1605 .Fawkes lahir dan dididik di York. Ayahnya meninggal ketika Fawkes berusia delapan tahun, setelah ibunya menikah dengan seorang Katolik pemberontak. Fawkes kemudian dikonversi ke Katolik dan berangkat ke benua, di mana ia bertempur dalam Perang Delapan Puluh Tahun 'di sisi Katolik Spanyol melawan Belanda reformis Protestan. Dia melakukan perjalanan ke Spanyol untuk mencari dukungan untuk pemberontakan Katolik di Inggris tetapi tidak berhasil. Dia kemudian bertemu Thomas Wintour, dengan dia ia kembali ke Inggris.
  Wintour memperkenalkan Fawkes ke Robert Catesby, yang merencanakan untuk membunuh Raja James I dan mengembalikan monarki Katolik.Para komplotan di sewa ke Undercroft House of Lords, dan Fawkes ditempatkan bertanggung jawab atas mesiu mereka ditimbun di sana.Diterimanya surat kaleng, pihak berwenang mencari Istana Westminster selama jam-jam awal dari 5 November, dan menemukan Fawkes menjaga bahan peledak. Selama beberapa hari berikutnya, ia diinterogasi dan disiksa, dan akhirnya ia putus. Segera sebelum eksekusi pada 31 Januari, Fawkes melompat dari perancah di mana ia akan digantung dan mematahkan lehernya, sehingga menghindari penderitaan mutilasi yang diikuti.
   Fawkes menjadi sinonim dengan Plot Bubuk Mesiu, kegagalan yang telah diperingati di Inggris sejak 5 November 1605. Patung-Nya secara tradisional dibakar di api unggun, biasanya disertai dengan pertunjukan kembang api.

Adios amigos 
    
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Brother baner

SEPUTAR BLOG,INTERNET,KOMPUTER.

WAHYOKU BLOG

Banner tatelu


 BELAJAR BARENG