Wednesday, December 19, 2012

Gemar Minuman Kaleng Picu Anak Hiperaktif

RABU, 19 DESEMBER 2012 14:44 wib

detail berita
Minuman dengan gula berlebih (Foto: madeformums.com)
APAKAH anak Anda penggemar minuman kaleng? Hati-hati dengan hal tersebut. Anak yang gemar meminum minuman kaleng dapat menyebabkan anak agresif, hiperaktif dan melakukan tindakan merusak.

Minuman kaleng yang dijual di pasaran memiliki kadar gula berlebih. Minuman yang mengandung gula berlebih dapat menaikkan sensitivitas insulin sehingga terjadi resisten insulin, gangguan toleransi glukosa dan menyebabkan diabetes. 


"Efek ketagihan dapat timbul saat anak semakin banyak dan sering mengonsumsi makanan manis berlebihan. Kadar glukosa darah terlalu tinggi dapat mengganggu proses belajar dan memori yang berhubungan dengan konsentrasi anak, bahkan bila berlangsung berkepanjangan dapat merusak jaringan otak, sehingga anak menjadi agresif, hiperaktif dan melakukan tindakan merusak," ujar dr. Aman Bhakti Pulungan, Dokter Spesialis Anak Endokrin FKUI, saat ditemui Okezone di Hotel Mulia, Rabu (19/12/2012).

Gula yang diperoleh dari kabohidrat memang diperlukan anak sebagai sumber utama energi otaknya, tetapi jumlah gula yang dikonsumsi harus diperhatikan.

"Bila seorang anak mengonsumsi gula secara berlebihan maka gula darahnya akan melonjak tinggi dan berdampak pada naiknya respon insulin serta mengurangi aktivitas neurotransmitter dalam otak," tambahnya. (ind)
(tty)
sumber
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Brother baner

SEPUTAR BLOG,INTERNET,KOMPUTER.

WAHYOKU BLOG

Banner tatelu


 BELAJAR BARENG