Monday, December 10, 2012

HAM

sepertinya membahas isu separatisme lebih seru dibanding masalah HAM ya, karena lebih banyak yang tertarik membahas merdeka atau tidaknya Papua ketimbang isu pelanggaran HAM yang terjadi di sana :)

ya sudah, ini sikap saya soal isu Papua, saya mengutamakan Hak Asasi dari warga sipil, merdeka atau tidak bagi saya yang terpenting adalah tidak adanya korban jiwa maupun korban intimidasi oleh pihak mana pun

apakah Papua harus merdeka untuk bebas dari pelanggaran HAM? saya rasa tidak, penerapan pengawasan militer yang ketat saja harusnya bisa mengurangi pelanggaran HAM di sana

apakah Papua merdeka bisa menyelesaikan masalah? belum tentu juga, kenyataannya saat ini pemerataan kesejahteraan di Papua masih rendah sekali, merdekanya Papua bisa jadi hanya pemindahan label kekuasaan saja dari pemerintah Indonesia ke pemerintah Papua

jadi apa yang seharusnya dilakukan?

ada 3 isu utama yang terjadi seputar Papua dan masing - masing harus disikapi secara bijak, yaitu:

1. isu pelanggaran HAM
2. isu penyedotan sumber daya alam oleh pihak luar Papua baik itu pemerintah Indonesia maupun perusahaan asing
3. isu tidak meratanya kesejahteraan dan pendidikan

so, kalau ditanya kepada saya, maka concern saya adalah penyelesaian 3 hal tersebut bagi rakyat Papua, masalah mereka mau merdeka itu nanti dulu deh, buat rakyat tuh yang penting perut kenyang dan bebas rasa takut dulu, baru setelah itu bisa bicara soal negara dan politik :)
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Brother baner

SEPUTAR BLOG,INTERNET,KOMPUTER.

WAHYOKU BLOG

Banner tatelu


 BELAJAR BARENG