Tuesday, December 11, 2012

Pembangunan Pemukiman Israel di Palestina Hambat Upaya Perdamaian

Jakarta - Indonesia mendesak Israel supaya membongkar dan menghentikan pembangunan pemukiman Israel di Kawasan Pendudukan Palestina. Pembangunan itu diyakini menjadi hambatan utama upaya perdamaian di Timur Tengah.

"Pembangunan pemukiman Israel di Kawasan Pendudukan Palestina merupakan hambatan utama terhadap upaya perdamaian di Timur Tengah. Oleh karena itu, Indonesia mendesak Pemerintah Israel untuk membongkar dan menghentikan pembangunan pemukiman di kawasan tersebut, termasuk di Yerusalem Timur," ujar Wakil Tetap RI pada PBB, Duta Besar Desra Percaya dalam rilis yang diterima redaksi, Kamis (26/7/2012).

Desra mengatakan hal itu dalam debat terbuka Dewan Keamanan PBB mengenai 'The Situation in the Middle East, Including the Palestinian Question' yang digelar di Markas Besar PBB, New York, Rabu (25/7) kemarin.

Menurutnya, Israel sama saja telah melanggar resolusi-resolusi Dewan Keamanan mengenai moratorium pembangunan pemukiman. Negara itu juga terus melanjutkan pendirian dinding pemisah yang tidak sah.

"Dengan demikian, tidak ada cara lain bagi Israel untuk meyakinkan rakyat Palestina dan masyarakat internasional mengenai keseriusannya untuk mencapai perdamaian dan memperoleh solusi atas konflik Timur Tengah, kecuali menghentikan pembangunan dan membongkar pemukiman-pemukiman yang telah dibangun," bebernya.

�Ia percaya jika permasalah ini tidak kalah penting dari isu perbatasan, keamana hingga jumlah pengusaha. "Namun masalah pemukiman merupakan tantangan kunci dalam proses negosiasi Israel-Palestina," jelasnya.

"Kecuali Israel mengubah kebijakan pemukimannya, menghentikan penggusuran rakyat Palestina serta tidak meneruskan pembangunan pemukiman Israel di Kawasan Pendudukan Palestina, termasuk Yerusalem Timur, maka mustahil diperoleh kemajuan dalam negosiasi damai," tegasnya.

sumber
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Brother baner

SEPUTAR BLOG,INTERNET,KOMPUTER.

WAHYOKU BLOG

Banner tatelu


 BELAJAR BARENG